Rabu, Februari 03, 2010

+Akhir Dari Awal Yang Baru+

Mencari kata yang tepat untuk memulai hari, satu kata yang perlu dan pantas untuk memulai pagi adalah semangat. Jauh dari peadaban seolah tumbuhan paku yang mulai menunaskan benih barunya bergerak ke atas. Bagaimana mungkin seorang manusia yang berjalan bahkan berlari selalu melihat kebelakang bahkan menutup mata untuk menyapu berbagai kenangan manis.

Saya pernah menuliskan sesuatu untuk mengungkapkan hal untuk menjadi kebahagiaan. Ukuran bahagia ialah : memiliki rumah besar, mobil, keluarga bahagia, pendapatan diatas 7 juta / bulan, mendapatkan lotre setiap minggu, liburan kunjungan wisata ke luar negri.

Pengungkapan bahagia di atas adalah tidak salah adanya karena itu menurut ukuran orang - orang yang taraf hidupnya melebihi kemampuannya. Bagaimana dengan saya yang tidak mencapai ttik itu..? apakah saya tidak bahagia ?(sahut murid kelas 3). Tentu tidak anak ku (sahut ibu guru) jadi. Bagaimana ukuran bahagia sebenarnya.
Ada seorang pribadi yang tidak memiliki kesempurnaan fisik dan tidak dianugrahi berbagai kemewahan yang ada di dunia. Apakah dia tidak pantas untuk hidup..?. ada seorang bapak yang membawa anaknya pergi dalam pencariannya mencari rejeki sehingga beliah menginap di sepanjang jala yang dia lalui. Apakah pria tersebut tidak pantas bahagia.?. jauh dari rasa kebaikan yang mngendapkan menjadi rasa normative keadilan. Seakan ukuran bahagia menurut mahasiswa yang baru mengenyam masa studi 3 semester adalah. Memiliki IP besar, memiliki Wajah Rupawan, Memiliki kekasih, memiliki teman yang banyak. Huww.. ternyata mencapai kebahagiaan itu lebih sulit dari yang dipikirkan.

Seorang anak yang berlarian senang seolah mereka hanya menghabiskan cadangan karbohidrat dan gula yang berlebih dari tubuhnya, bagaimana dengan seoarang anak yang divonis mengidap kangker darah sehingga kehidupannya hanya berkutat di rumah sakit dan teman yang setia menemani adalah tabung darah, alat transusi, suster yang baik, dan dokter yang ramah.

“ aku ingin seperti mereka” sahut anak itu ^$&%*^(^#&!!??!>!>!?!?!!

Tidak mungkin dalam keseharian anak itu bergumam dan mengumpat dengan terstruktur hingga diam dan bungkam karena kekosongan jiwanya. Apakah seperti itu nasib orang yang tidak dapat melampaui standar kebahagiaan seseorang.

Seorang kaya yang memiliki tabungan bahkan investasi miliyaran dengan rumah mewah dan mobil jaguar yang bertengger di salah satu garasi rumah nya. Mereka berkumpul di rumah dengan satu kamar yang berisikan fasilitas seperti satu rumah bagi kalangan menengah. Lalu mereka berkumpul di ruang makan berbincang bagaimana investasi mereka hari ini dan apa saja yang sudah dikonsumsi dan dihabiskan. Lalu mereka pergi dengan mobil masing – masing dan mengulang seperti itu di hari berikutnya. (lho?) apakah mereka tidak berinteraksi, apa yang mereka pikirkan? Bagaimana dengan anak anak? ( sahut golongan normative dan religi).

Sehingga saya bahkan anda akan sulit menemukan arti kebahagiaan yang sesungguhnya karena kebahagiaan memiliki standar masing - masing pada setiap orang dengan kinerja yang berbeda pada setiap orang. Jauh dari pengalaman yang menyenangkan perasaan yang tidak karuan sehinga dada berbedar tidak beraturan . wajah mrnunjukan lipatan yang sesungguhnya dengan mimic muka kosong dan jidat berkerut dan mendengar umpatan setiap kata yang disampaikannya.

Kedewasaan yang menuntut bagaimana gerak – gerik seseorang yang pasif maupun aktif dalam berbicara, berpikir dan menuangkan kinerja dalam kehidupan sehari hari.
Terbesit bagaimana kesenangan ketika keberhasilan menerbangkan laying – laying dan perilaku anak kecil yang gembira tanpa beban.

Tanpa harus menulis sebuah essai dalam pengungkapkan hatinya hahah.


Bagaimana senandung cinta yang kurang relisti dalam sebuah lagu begitu mengganggu hati. Bahkan orang yang memiliki paham idealis dan realistis pun dapat menerima bahkan tidak memikirkannya sama sekali. Mungkin saya bukan dari kalangan yang dapat memandang mudah dalam suatu hal dan menganggap penting suatu hal.

Apakah anda sudah memiliki ukuran kabahagiaan sendiri. Bagaimana kesan kita ketika melihat bayi tidur dengan nafas malaikat yang selalu terhembus dalam lubang kecil nan mungil dengan lipatan pipi yang menyumbul karena kekurangan tempat di bagian pipi. Bakal calon gigi yang mulai tumbuh mulai sedikit terlihat. Dengan wajah bulat dan lebih besar dari badannya. Apakah anda tidak bahagia melihat kesempurnaan ciptaan Tuhan dengan berbagai kenikmatan yang dikaruniakannya pada mu.

Rasa syukur dan kenikmatan melihat seseorang bahagia adalah kebahagiaan tersendiri yang diberikan Tuhan kepada kita, kebahahagiaan yang telah sempurna demikian absurd ketika ada hal yang remeh mengganggu dalam benak bahkan kalbu.

Suatu organ non fisik yang berada di atas jantung, yang berdenyut ketika bersedih dan seakakn lepas ketika kita sedang bahagia.

Ketika saya dala tulisan sebelumnya banyak mengeluhkan tentang kitak sempurnaan fisik, ketidak mempuan dalam mencapai cinta sejati. Bagaimana mendapatkan sesuatu yang sulit dan lepas dengan mudah. Itu merupakan proses pendewasaan yang etrjadi setiap detik, menit, jam , hari, minggu, bulan bahkan tahun. Tidak semua orang memiliki kedewasaan yang benar – benar dalam satu titik dimana dia menjadi bijak dan pencerah orang lain.

Bagaimana lantunan ayat suci mengganggu telinga orang yang beriman, bagaiman air menjadi sumber penyakit bagi orang yang berada di dalam gurun.bagaimana kesejukan dilawan dan tidak disukai. Bagaimana bayi dapat dibuang menjadi barang seolah tak berharga.

Hal tersebut mungkin terjadi.

Saya tidak menegrti dengan kehidupan saya yang seolah menjadi kebahagiaan yang terpendam dengan ukuran pencapaian adalah memiliki pasangan dan bahagia sampai pelaminan????? Bagaimana manusia modern dapat berpikir kolot seperti itu. Pencapaian kerja, asuransi kecelakaan, pembangunan rumah impian, dan kesuksesan. Kemana hal itu dapat disisihkan. Aduuuhh… bagaimana sensitifitas orang sensitive tidak sensitive pada hal – hal selain cinta..Nafsuuu..huuu!!!
Semakin hari saya semakin tidak mengerti bagaimana kegigihan seseorang dalam melaksanakan kegiatan yang dinamakan berpasangan atau memiliki kekasih. Sekali lagi saya tidak mngerti. Apa bedanya rasa saying dan cinta,? Apa yang seharusnya dimiliki seseorang agar dicintai? Apaka cukup menjadi orang baik dan merasa dicintai? Apa standar agar orang dicintai dan dikasihi? Apakah kegalauan masa lalu tidak bisa disembuhkan? Apa yang tidak sempurna..? apa yang harus dilakukan agar manusa tertarik satu dan lainnya..? apakah pengorbanan dan rasa cinta yang tulus menjadikan seseorang iba bahkan kasihan? Bagaimana cara membuat seseorang menjadi orang yang baik atau pantas dicintai..? kapankah pencarian terhadap seseorang berakhir? Kapan saya dewasa? Bagaimana keinginan untuk membahagiakan seseorang itu dipatahkan? Apakah kata maaf dan menyalahkan diri sendiri sudah cukup mengganti rasa cinta yang dipendam begitu lama? Bagaimana kejadian yang tidak terlupakan itu dapat terulang dan terulang? Apakah yang mendasari saya mencintai seseorang? Apakah ada yang dimanakan cinta sejati? Bagaimana caranya mendapatkan cinta sejati.? Apa itu cinta? Siapa saya sehingga mendefinisikan arti cinta? Bagaimana mungkin seseorang yang saya cintai menyakiti saya..? apa yang dia pikirkan? Bukan kah saya orang baik.? Mengapa orang baik seperti saya tidake mampu mendapatkan sesuatu yang saya inginkan.? Apakah saya tidak boleh merasakan kebahagiaan dalam sehari lebih banyak dari orang lain..? apa yang disucikan orang dengan nama cinta? Siapakah orang yang tepat untuk saya?

Banyak pertanyaan yang diajukan sang tokoh cerita kepada sang penulis . bagaimana jalan yang ditentukan mengalahkan jalan baru yang lebih bagus dan lebih seksi untuk dilintasi. Banyak pertanyaan yang tidak dapat dijawab sekarang mungkin jawaban ini akan terjawab dengan waktu yang akan datang. Akan datang seseorang dari kejauhan yang memiliki wajah lonjong dan muka parau dengan rambut yang tidak beraturan. Memegang botol kosong bekas bird an berjalan sempoyongan. Apakah kita akan menambah jumlah orang galau tentang kehidupan di dunia.? Jauh kawan masih jauh kau melangkah (sahut seorang teman).

Bagaimana seorang manusia yang tidak sempurna memliki ketertarikan pada sesame jenis memiliki perasaan bahagia dan sedih,.? Apakah saya yang memiliki katakanlah dicukupkan berbagai hal tidak mempu menjadi bahagia bahkan dewasa dalam berpikir dan memikirka hal yang patut dipikirkan. Mengapa orientasi lelaki hanya pada wanita?????(saya normal tentu saja).

Bagaimana mungkin sekelompok pria berkumpul dan membicarakan wanita bagaikan barang yang patut dijinjing kesana kemari dan di sapih setiap harinya. Mengapa oh mengapa pertanyaan bodoh mulai menghantui setengah jam dari penulisan isi hati yang tidak direncanakan.

Saya ingin mengetahui bagai memanipulasi hati dengan perilaku yang tidak menyimpang. Apakah cara jalan saya sudah benar.? Bagaimana jalan seharusnya.? Hentakan keberapa ku mulai tekankan agar ku terihat marah. Bagaimana munkin berjalan saja membutuhkan waktu pemikiran yan lama agar menunjukan suatu maksud dan menceritakanya secar non verbal dan ditemani hembusan malam,(?)

Bagaimana menyususn prioritas dapat bobrok ketika kita memikirkan hal yang tidak perlu dipkirkan denga hal yang malas untuk dipikirkan. Ingin mati, meratap,mengeluh, mengumpat hal – hal yang tidak penting mengahantui seseorang (saya) ketika dilanda musibah atau cobaan. Bagaimana mungkin kalangan intelektual yang dibesarkan oleh teknologi tidak mengerti satu kata buhun yang dinamakan cinta. Satu kata berjuta kesakitannya.

Cinta kutukanya tiada akhir “ terlintas petikan dialog Patkay dalam film seri sun go kong
Katakan pada saya berulang ulang bagaimana seharusnya? Kenormatifan dalam berteman dan kewajiban – kewajiban yang tidak penting. Hukum diri saya ketika saya bercerita seperti ini lagi. Bagaimana saya menjadikan hal yang penting di bawah hal yang tdak penting.. sekali lagi tidak penting..

Bagaimana mungkin menyuapi anak adalah hal yang menjadikan mimpi buruk bagi seorang ibu yan baru pulang dari kunjungan luar kota demi suatu pekerjaan. “ kan ga masuk akal..” salah kah seorang bapak yang mengeluh ketika pulang demi mencari rejeki untuk keluarganya dan mengumpat kebiasaan buruk bosnya yang sering mengumpat dan mengejek hasil kerja seseorang, luluh ketika melihat anaknya berlari dan memeluk dan menciuminya dengan beribu ciuman kasih sayang. (saya ingin menjadi ayah!!).

Bagaimana seseorang memiliki tanggung jawab demi mencari kebahagiaan yang diayakininya bukan apa yang seharusnya. Kembali pada diri sendiri dan bercermin dan bersyukur adalah kegiatan yang dapat menyembuhkan hati dalam kesakitan yang luar biasa.

“teringat motor yang mengalami bocor lupa untuk di tambal”

Tidak ada komentar: